Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Australia, A-League kini membuka peluang untuk menambah jumlah peserta. Karena untuk saat ini A-League hanya diikuti oleh 11 tim peserta setelah Western Sydney Wanderers memutuskan untuk ikut bergabung mulai kompetisi musim 2019/20 mendatang.

Kemudian pada musim 2020/21 A-League juga berpeluang besar ketambahan jumlah peserta setelah Macarthur FC menyatakan kesediannya untuk bergabung. Sementara untuk menambah kemeriahan dan membuat kompetisi semakin kompetitif, FFA selaku federasi sepak bola Australia juga siap menerima tim-tim asal wilayah Canberra, Tasmania, dan Wollongong untuk berpartisipasi di A-League.

Hal itu pun disambut positif oleh pemilik Perth Glory FC, Tony Sage. Bahkan dia menyarankan agar A-League melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri, terutama Asia Tenggara demi mendapatkan lebih banyak jumlah penonton.

Untuk saat ini A-League memang sudah diikuti oleh klub luar negeri, yakni Wellington Phoenix, klub asal Selandia Baru yang sebenarnya berbeda konfederasi dengan Australia.

“Saya tidak melihat perluasan cakupan A-League di beberapa kota Australia (akan memberikan keuntungan), karena kami saat ini berada di ‘titik jenuh’. Tapi jika kami punya satu tim di Jakarta, Manila, Singapura, dan Kuala Lumpur, itu akan menambah jumlah penonton mencapai 400 juta orang,” kata Sage seperti dilansir kanal berita BBC.

Merujuk pada pernyataan Sage, tentu saja Persija Jakarta memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa bergabung bersama A-League. Karena seperti diketahui bahwa Persija adalah salah satu tim ternama di Indonesia yang memiliki basis suporter terbesar di Asia Tenggara. Bahkan pada kompetisi Piala AFC 2018 yang lalu Persija mampu memecahkan jumlah rekor penonton terbanyak dalam satu pertandingan. Karena pada laga babak penyisihan grup melawan wakil Malaysia, Johor Darul Ta’zim, Persija didukung 60.157 orang suporter yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Hanya saja ide dari Sage dipastikan tidak akan bisa terwujud dalam waktu dekat. Mengingat suatu hal yang cukup sulit untuk memindahkan klub dari suatu kompetisi ke kompetisi lainnya.

Bagi kamu yang ingin mendapat peluang menang lebih besar dalam bermain poker, langsung saja daftarkan dirimu untuk bergabung bersama agen 988bet dengan cara mengunjungi 988bet.biz.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *