Baru-baru ini pelatih kepala Timnas Indonesia, Simon McMenemy membuat kejutan dengan memasukkan nama gelandang PSM Makassar, Marc Klok dalam daftar 26 pemain yang dipanggil untuk menghadapi dua laga uji coba pada FIFA Matchday bulan Juni mendatang. Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan bakal melawan tuan rumah Jordania pada 11 Juni dan 4 hari kemudian akan melawan Vanuatu.

Pemanggilan Klok memang sangat mengejutkan, di mana pemain tersebut masih berstatus warga negara Belanda sehingga tidak memiliki hak untuk membela Timnas Indonesia. Namun berdasarkan informasi, Klok hanya akan mengikuti latihan bersama dan tidak masuk ke dalam skuat. Pemanggilan Klok sendiri disinyalir agar pemain 26 tahun itu terbiasa dengan atmosfer Timnas Indonesia, karena memang dirinya juga memiliki peluang besar untuk membela tim Garuda. Karena seperti diketahui, Klok kini tengah menunggu proses naturalisasinya rampung.

Akan tetapi jika Klok benar-benar membela Timnas Indonesia, ada 3 kelemahan pada dirinya yang harus diwaspadai oleh coach Simon. Ketiga kelemahan tersebut adalah sebagai berikut.

Jam Terbang Internasional Minim

Klok memang memiliki pengalaman bermain di level Eropa, di mana dirinya sempat bermain bersama FC Utrecht (Belanda), Oldham Athletic (Inggris), Ross County (Skotlandia), dan Dundee FC (Skotlandia). Meskipun demikian Klok bisa dibilang sangat minim pengalaman bermain di level internasional. Karena menurut catatan Transfermarkt, Klok belum pernah sekali pun membela suatu timnas termasuk di kelompok umur. Tentu saja hal ini harus diwaspadai oleh Simon, karena bisa jadi Klok tidak memiliki mental bertanding di level internasional.

Proses Adaptasi Butuh Waktu Lama

Klok disinyalir akan memerlukan proses adaptasi yang lebih lama di Timnas Indonesia. Selain karena belum memiliki pengalaman di level internasional, Klok juga harus beradaptasi dengan strategi yang diterapkan oleh coach Simon. Karena meskipun telah dua musim bermain di Indonesia, namun Klok belum sekali pun dilatih oleh Simon.

Hubungan Buruk dengan Beto Goncalves

Kelemahan yang terakhir adalah Klok memiliki hubungan yang buruk dengan Beto Goncalves. Karena pada kompetisi musim 2018 yang lalu Klok sempat terlibat pertengkaran dengan Beto ketika sedang membela klubnya masing-masing. Klok yang saat itu membela PSM bersitegang dengan Beto yang membela Sriwijaya FC. Dari pada harus terus bersitegang, mending intip aja Lojistiksektoru.com, pusat informasi bola dan casino terpercaya di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *