Chelsea baru akan memaikan laga final Liga Eurpa tetapi kabar pemecatan sang pelatih, Maurizio Sarri sudah semakin santer terdengar. Chelsea memang dikenal sebagai salah satu klub yang paling sering gonta ganti pelatih setidaknya dalam kurun waktu satu dekade belakangan ini. Tidak banyak pelatih yang mampu memuaskan hasrat prestasi dari pemilik Chelsea, Roman Abramovic.

Terlalu Mementingkan Penguasaan Bola

Performa buruk Chelsea musim ini bisa dikatakan merupakan korban dari bagaimana idealisnya seorang Sarri. Sebagai pelatih asal Italia, Sarri amat mementingkan penguasaan bola. Hal ini nampaknya menjadi sebuah kesalahan ketika diterapkan di Liga Primer Inggris. Di Italia, Tempo permainan cenderung lambat dan sebuah tim cenderung bermain bertahan, tetapi di Inggris, permainan berlangsung dengan cepat, para pemain dituntut untuk terus berlari dan mencetak gol. Hal inilah yang membuat tipe permainan bertahan yang mementingkan penguasaan bola akan tersingkirkan.

Gagal Tampil Kompetitif di Liga Primer Inggris

Chelsea boleh saja berbangga karena mampu finis di posisi yang cukup baik yakni peringkat ketiga klasemen Liga Primer Inggris. Namun sebenarnya Chelsea tidaklah sebagus itu. Chelsea sebenarnya tidak tampil cukup kompetitif di Liga Primer Inggris. Buktinya Chelsea bahkan terpaut 20 point dari Liverpool dan Manchester City yang ada diperingkat pertama dan kedua. Dengan kondisi ini tentu Chelsea sudah sejak jauh jauh hari terdepak dari persaingan trofi Liga Primer Inggris. sepanjang paruh kedua musim, Chelsea lebih banyak bersaing dengan Tottenham maupun Arsenal untuk tempat di empat besar.

Raih Gelar Europa Bisa Selamatkan Sarri

Sarri mungkin saja masih dipertahankan oleh pihak klub apabila nantinya mampu membawa pulang piala Liga Europa. Meski demikian, tugas tersebut tidaklah mudah karena lawan yang dihadapi cukup berat yakni Arsenal. Langkah Chelsea di Liga Europa sebenarnya harus mendapatkan pujian karena berhasil melaju hingga ke partai puncak. Beberapa pihak menilai seharusnya Chelsea harus memberikan kesempatan dan waktu untuk Sarri sebelum benar benar memecatnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *